Minggu, 03 April 2016

Suku Sunda (Jawa Barat)


Assalamu'alaikum, my little girls and boys... :)
Sedang mencari informasi tentang suku Sunda untuk menyelesaikan tugas PKn dari saya ya? hehehe...

Let's check it out!!

1. PAKAIAN ADAT
Pakaian adat Sunda sebenarnya ada banyak jenisnya. Ada yang khusus untuk bangsawan, kaum menengah, rakyat biasa. Ada juga pakaian khas untuk para mojang dan jejaka. Namun kali ini saya hanya akan mengulas secara umum saja ya...
Gambar di samping adalah pakaian adat pengantin wanita Sunda, yaitu pengantin Sunda Siger. Secara umum, pakaian pengantin tersebut hampir sama dengan pakaian pengantin jawa pada umumnya, mengenakan kebaya, kain batik, rangkaian melati. Namun ada yang khas dari pakaian adat pengantin Sunda ini, yaitu hiasan kepala serupa mahkota yang menutup bagian kening, biasa disebut "Siger". Hal ini bermakna meletakkan kearifan, kehormatan, dan sikap bijak sebagai hal pokok yang harus dijunjung tinggi.

Nah, untuk pakaian adat pria, saya selalu ingat dengan Kabayan. si Kabayan selalu menggunakan setelan hitam berkancing depan, dan ikat kepala. nama setelan tersebut adalah "Pangsi", sedangkan ikat kepalanya disebut "Totopong".


2. RUMAH ADAT

Rumah adat Sunda sebenarnya memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari bentuk atap dan pintu rumahnya. Jolopong adalah bentuk paling sederhana dari rumah adat Sunda. 
Rumah adat Sunda berkonsep rumah panggung, bermakna bahwa manusia tidak hidup di khayangan (dunia atas), dan juga tidak di dunia bawah. Maka manusia harus hidup di tengah-tengah.

3. SENJATA TRADISIONAL

Kujang, adalah senjata tradisional Sunda sejenis keris kecil dengan salah satu sisinya bergerigi dan melengkung di bagian ujung. Kujang kini lebih banyak igunakan dalam upacara ngacar (menebang pohon untuk huma) setahun sekali.

4. MAKANAN KHAS

Ke Jawa Barat tidak lengkap kalau belum mencicipi Karedok, makanan sejenis gado-gado khas Sunda. Terbuat dari berbagai bahan sayuran mentah segar yang disiram bumbu kacang racikan khas Sunda. Karedok biasa dihidangkan sehari-hari sebagai kudapan atau makan siang orang Sunda.

5. LAGU DAERAH

Ada banyak lagu daerah Sunda, dan kesemuanya sedaaapp dinikmati telinga. Sinden Sunda selalu punya cengkok khusus dalam melagukan tiap lagu daerah Jawa Barat. Saya sendiri suka dengan lagu Manuk Dadali, atau Bubuy Bulan. Seperti ini liriknya : 

Bubuy bulan
Bubuy bulan sangrai bentang
Panon poe
Panon poe oge hade

Unggal wulan 
Unggal wulan abdi teang
Unggal poe
Unggal poe disasate

Situ Ciburuy 
Laukna hese dipancing
Nyeredet hate ningali loba laukna
Duh eta saha
Nu ngalangkung unggal enjing
Nyeredet hate ningali sorot socana


Demikian materi Eksplore Indonesian Culture kita kali ini. Tunggu informasi mengenai kebudayaan suku lain yaaa..... Tetaplah bangga jadi Indonesia!!

Wassalamu'alaikum :)

1 komentar:

Monggo..., commenters.. matur ingkang sae ngggih??